«

»

Cetak ini Pos

Webinar Penerapan Sirekap pada Pemilu

Lamongan – KPU Kabupaten Lamongan mengikuti Webinar Penerapan Sirekap pada Pemilu yang dilaksanakan oleh KPU RI secara daring pada Rabu (17/11/2021). Acara tersebut juga dapat diakses melalui kanal Youtube KPU RI secara langsung. Acara ini menghadirkan 2 Narasumber yaitu Ramlan Surbakti, Pakar Kepemiluan dan Harsanto Nursadi, Pakar Hukum Administrasi.

Ketua KPU RI Ilham Saputra, bersama Anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik, Viryan, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dan Pramono Ubaid Tanthowi, mengikuti proses Webinar tersebut. Hadir pula jajaran Sekretariat Jenderal KPU RI, KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU Kabupaten/Kota.

Proses webinar dimoderatori oleh Pegiat Pemilu Titi Anggraini. Dalam penjelasannya, Harsanto Nursadi menyampaikan, “Membahas penerapan sirekap artinya membahas mengenai tata administratif perhitungan suara pada penerapan yang lebih konkrit. Penerapan pengelolaan administratif pemerintahan, tidak hanya berlaku pada eksekutif pemerintah, namun juga instansi yang bekerja di lembaga pemerintah seperti KPU.”

“Dalam penerapan administratif, ada 3 nilai yang dapat ditunjukkan. Liability, Responsibility, dan acoountability,” tambah Harsanto, Doktor Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Ramlan Surbakti, sebagai pakar kepemiluan juga menjelaskan, “Penggunaan informasi pada pemilu jangan mengganti yang sudah  baik. Namun fokusnya harus memperbaiki kelemahan yang ada.” Ramlan juga menyampaikan pengalamannya dalam studi keluar negeri untuk mengamati dan memahami proses pemilu. Menurutnya Pemilu di Indonesia sudah menuju ke arah yang semakin baik dalam proses pemungutan suara hingga perhitungan suara.

Tautan permanen menuju artikel ini: https://kpu-lamongankab.go.id/webinar-penerapan-sirekap-pada-pemilu/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>