«

»

Feb 24 2018

Cetak ini Pos

SEJUMLAH ANGGOTA PPK SERAHKAN KUESIONER EVALUASI PENILAIAN PPK PPS KE KPU LAMONGAN

UntitledPenerapan aturan baru yang mengharuskan adanya rekrutmen PPS dan pengurangan jumlah personel PPK sudah mulai dijalankan. Bahkan hari ini (24/2) adalah batas akhir pengumpulan kuesioner evaluasi. Hal ini mengacu pada  Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI Nomor 3 Tahun 2018 dan SK KPU RI Nomor: 31/ PP.05-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang Pembentukan dan Tata Kerja PPK, Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Penyelenggaraan Pemilu.

MH Fatkhur Rohman, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Lamongan menjelaskan, evaluasi kinerja PPK dan PPS sudah mulai berjalan. “Kuesioner penilaian dan evaluasi sudah diberikan ke PPK dan PPS, hari ini adalah pengumpulan terakhir ,” katanya.

Dia menguraikan, Ketua PPK dan PPS telah menilai anggotanya. Sementara anggota menilai ketua. Pun dengan sekretaris PPK dan PPS, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk menilai dalam bentuk kuesioner, sampai hari ini tinggal beberapa Kecamatan yang belum, sebagian besar sudah mengumpulkan hasil kuesioner ke KPU Lamongan.

Sedangkan untuk penilaian sendiri akan mulai dilakukan sejak 2 sampai 4 Maret 2018. “Penilaian dilakukan KPU untuk PPK dan PPS,” jelasnya.

Semua penilaian itu akan dilakukan dalam rapat pleno yang ditetapkan pada 5 sampai 6 Maret. Sedangkan untuk pelantikan PPK dan PPS untuk pemilu legislatif bakal digelar pada 7 atau 8 Maret 2018 mendatang.

Lebih lanjut ia memaparkan, PPK nantinya akan berkurang, dari lima personel menjadi tiga personel. Sementara PPS jumlahnya tetap seperti saat ini yakni tiga orang. Yang membuat dilakukan evaluasi adalah pada periodisasinya. Jika sudah dua periode, maka tidak bisa lagi masuk dalam susunan PPS periode pemilu. Termasuk juga dengan PPK. Bedanya, PPK ditambah dengan melakukan pengurangan personel.

Lalu, bagaimana dengan proses penggantian PPS yang baru ketika ada yang lewat dua periode? Tentu akan dilakukan pembukaan pendaftaran lagi. Di sana, akan berkoordinasi dengan lembaga pendidikan terkait untuk dapat rekomendasi. (AIN)

Tautan permanen menuju artikel ini: https://kpu-lamongankab.go.id/sejumlah-anggota-ppk-serahkan-kuesioner-evaluasi-penilaian-ppk-pps-ke-kpu-lamongan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>