«

»

Cetak ini Pos

Partisipasi Masyarakat Pilkada Lamongan 2020 Cetak Angka Signifikan, Anam beberkan faktornya

Partisipasi masyarakat (Parmas) Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Lamongan 2020 berada di angka 77,26%. Angka ini melebihi Parmas 2015 bahkan melebihi target daerah.

Anam, Divisi SDM dan Parmas, beberkan faktor pendukung terealisanya angka yang tinggi.  Angka parmas ini mengalami kenaikan sebesar 16,99% dari tahun 2015 yang berada di angka 60,27%. Jumlah ini berdasarkan Form Hasil D Kabupaten dan Kota yang diserahkan oleh PPK. Angka sebesar 77,26% ini juga lebih tinggi dari target parmas daerah yaitu 62%.  

“Sebenarnya kesuksesan angka parmas ini tidak lepas dari beberapa faktor, tentunya kerjasama dari berbagai pihak sebagai faktor utamanya,” ungkap Anam, sebagai Komisioner KPU Divisi Sosialisasi pendidikan pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan parmas). Anam mengimbuhkan bahwa faktor pertama adalah Kontestasi Pasangan calon (paslon), Paslon yang maju giat melakukan kampanyeke konstituennya untuk memberikan haknya agar jagoan konstituennya menang. Hal ini menarik minat dan semangat untuk menuju TPS.

“Faktor kedua adalah Protokol Kesehatan yang diterapkan secara disiplin dan ketat di setiap TPS,” beber Ahmad Shohib, selaku Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaran. Faktor ini membuat pemilih tidak khawatir untuk datang ke TPS. Ada 12 hal baru yang ada di TPS selama masa pandemi, misalnya menggunakan APD, membawa Bulpoin sendiri dan disediakan sarung tangan untuk mencoblos.

Faktor ketiga adalah Suksesnya sosialisasi yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu. Anam menyebutkan bahwa Penyelenggara pemilu melakukan sosialisasi pada pemilih pemula bahwa suara mereka sangat penting untuk diberikan. Faktor keempat adalah kesadaran masyarakat yang tinggi terhadap pemilihan ini. Faktor kelima secara teknis juga disebutkan oleh Shohib bahwa dukungan aparat keamanan juga menjadi hal yang penting. Masyarakat merasa aman dan nyaman untuk datang ke TPS.

KPU Kabupaten Lamongan juga berterima kasih atas bantuan dari seluruh pihak sehingga Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 berjalan lancar dan tanpa hambatan apapun.

Tautan permanen menuju artikel ini: https://kpu-lamongankab.go.id/partisipasi-masyarakat-pilkada-lamongan-2020-cetak-angka-signifikan-anam-beberkan-faktornya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>