«

»

Cetak ini Pos

MONITORING KINERJA PPDP OLEH PPS, DIKEJUTKAN OLEH KEDATANGAN KETUA KPU KABUPATEN LAMONGAN DAN ANGGOTA PPK

WhatsApp Image 2018-02-28 at 11.04.19Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 pada prosesnya menyisakan banyak kesan, salah satunya pada proses monitoring evaluasi kinerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Tebluru Solokuro Lamongan. Kamis, 15 Februari 2018 bertempat di balai desa Tebluru, PPDP se-wilayah barat Kecamatan Solokuro yang terdiri dari Desa Tebluru, Dadapan, dan Sugihan berkumpul dan bersiap menjalani monitoring kinerja PPDP tahap III.

Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari Desa Tebluru, Dadapan, dan Sugihan turut hadir dan mempersiapkan alat kerjanya untuk diperiksa oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Solokuro. Tepat pukul 20:00 WIB Ketua PPK Kecamatan Solokuro, Fadlan tiba di balai desa Tebluru, namun beliau tidak datang sendirian. Fadlan secara mengejutkan tiba didampingi Ketua KPU Kabupaten Lamongan, Imam Ghozali. Tak hanya PPS, PPDP dari tiga desa juga terkejut dan deg-degan, namun juga senang karena Ketua KPU datang langsung memantau kinerja mereka dilapangan.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU, Imam Ghozali  menyampaikan alur besar dan filosofi pencoklitan di periode ini, kawan-kawan PPDP pasti merasa capek dan lelah dalam melakukan pencoklitan, hal ini karena coklit PPDP kali ini berbeda dengan coklit yang dulu-dulu, pencoklitan kali ini berbasis identitas domisili untuk menghindari amburadulnya data pemilih serta kegandaan, disamping itu untuk memastikan seluruh penduduk yang telah memiliki hak pilih tercatat dengan baik dan data yang dihasilkan lebih valid, pesannya.

WhatsApp Image 2018-02-28 at 11.03.10Imam Ghozali juga mengajarkan bagaimana caranya menghitung rekapitulasi dan mengisi form excel dengan baik dan benar. Ia menandaskan “Menghitung jumlah rekapitulasi yang ada di lembar kontrol dan A3.KWK harus balance, mengisi formnya dari AA-KWK, AB-KWK hingga AC-KWK juga harus sesuai dengan yang ada di A3.KWK, yang nilai kebenarannya dapat ditelusuri jejaknya dari A-KWK, AA-KWK, dan lembar kontrol. Intinya semua harus balance.” Kata Ghozali -panggilan akrabnya-

“Masalah pencoklitan, yang kita kedepankan adalah integritas, apa yang ada di stiker dan di A.1.-KWK yang dibagikan ke pemilih harus sesuai, baik jumlah maupun isinya. Sehingga hasilnya bisa sama.” lanjutnya.

Ketua PPS Desa Tebluru yang sebagai tuan rumah, Ahsanul Kholiqin menyampaikan rasa senang dan bangga bisa didatangi langsung oleh Ketua KPU. “Kami merasa senang bisa didatangi dan dipantau langsung oleh KPU Kabupaten Lamongan dan menjadi kejutan yang luar biasa bagi kami karena ketua KPU Kabupaten Lamongan turun kebawah melihat kinerja kami, semoga ilmu yang diberikan oleh beliau bermanfaat¬† serta menjadikan Pilgub kali ini lebih berintegritas, khususnya di wilayah Solokuro.” Ucapnya. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PPK Kecamatan Solokuro, Fadlan menghimbau kepada seluruh PPS dan PPDP di wilayahnya untuk bisa berkonsultasi langsung kepada Ketua KPU atas masalah-masalah yang dihadapi saat pelaksanaan pemutakhiran data pemilih.

“Mumpung ada bapak Ketua KPU, silahkan bertanya langsung jika ada permasalahan, agar alur kinerja kita bisa sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga Pilgub Jatim 2018 nanti berkualitas, berintegritas dan sukses.” (Hendra HW/Fadlan)

Tautan permanen menuju artikel ini: https://kpu-lamongankab.go.id/monitoring-kinerja-ppdp-oleh-pps-dikejutkan-oleh-kedatangan-ketua-kpu-kabupaten-lamongan-dan-anggota-ppk/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>