«

»

Jun 21 2016

Cetak ini Pos

KPU LAMONGAN LAKUKAN INPUT DATA PEMILIH TAMBAHAN

Proses pemilihan umum bukan hanya pada momentum pemungutan suara saja, namun merupakan proses tahapan pergerakan pemilih dan proses pemutakhiran data pemilih berkalanjutan. Dalam surat edaran KPU RI, nomor 313/KPU/VI/2016 tentang batas waktu penginputan data DPTb2.

WhatsApp-Image-20160621

Persiapan data pemilih yang merupakan kegiatan sinkronisasi data DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan) yang digunakan pada pemilihan tahun 2017, maka KPU Kabupaten/ Kota yang belum melakukan input DPTb2 (Daftar Pemilih Tambahan) pemilihan tahun 2015 dengan ketentuan NIK tidak kosong, maka harus diunggah ke SIDALIH paling lambat tanggal 30 Juni 2016 dikarenakan portal akan ditutup untuk proses sinkronisasi data. Demikian pula surat dari KPU Provinsi Jawa Timur nomor 60/KPU-Prov-014/VI/2016 perihal batas waktu penginputan DPTb2, yang ditandatangani oleh Eko Sasmito selaku Ketua KPU Provinsi Jawa Tmur.

Input data DPTb2 yang bersumber pada data pemilihan tahun 2015 yang lalu akan diunggah ke dalam aplikasi sidalih. Ketentuannya, NIK tidak boleh kosong. Data pemilih yang harus kami unggah menurut data DBTb2 pada pemilihan tahun 2015 yang lalu adalah sebanyak 1.159 data pemilih, kami sudah mengunggah diaplikasi sidalih sejumlah 1.081 data pemilih, minus 78 pemilih dan masih dalam proses penelusuran data untuk kami unggah, menurut keterangan Joko Saronto selaku Kasubag Program dan Data KPU Kabupaten Lamongan.

WhatsApp-Image-20160621 (2)

Kami optimis proses penginputan data DPTb2 ke aplikasi Sidalih bisa selesai sebelum tanggal 30 Juni besok. Kami juga sudah melakukan proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, koordinasi dengan Disdukcapil Kabupaten Lamongan juga sudah kami jalankan meskipun hasilnya masih menunggu petunjuk dari KPU RI dan Mendagri karena belum ada MOU tentang pemberian data ke KPU. Kami optimis, pemutakhiran data berkelanjutan bisa sesuai harapan bersama, sekarang juga hampir finishing untuk input data pemilih DPTb2, tutur Nursalam selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data Pemilih KPU Kabupaten Lamongan./ftr

Tautan permanen menuju artikel ini: https://kpu-lamongankab.go.id/kpu-lamongan-lakukan-input-data-pemilih-tambahan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>