«

»

Feb 20 2018

Cetak ini Pos

KPU LAMONGAN GELAR SOSIALISASI PEMBENTUKAN BADAN ADHOC PEMILU 2019

MAHKOTA UPLOADSelasa (20/02/2018), bertempat di Grand Mahkota Hotel Lamongan, KPU Lamongan mengundang seluruh Ketuadan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Lamongan dalam acara Sosialisasi Pembentukan Badan Ad Hoc Pemilu Tahun 2019. Undangan tersebut  dalam rangka melaksanakan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI Nomor 3 Tahun 2018 dan SK KPU RI Nomor: 31/ PP.05-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang Pembentukan dan Tata Kerja PPK, Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Penyelenggaraan Pemilu.


Pembentukan badan adhoc untuk Pemilu 2018 mengacu SK KPU RI Nomor: 31/ PP.05-Kpt/03/KPU/I/2018 dengan pengangkatan kembali.KPU  Kabupaten Lamongan akan menggunakan system evaluasi kinerja dalam bentuk kuisioner penilaian anggota PPS dan PPK yang dilakukan oleh Sekretaris PPK, Sekretaris PPS, Ketua dan anggota PPK dan PPS. Setelah dilakukan pengisian form penilaian akan disampaikan ke KPU Kabupaten Lamongan oleh PPK YANG nantinya akan menjadi bahan evaluasi kinerja dan penetapan PPK dan PPS.

Divisi SDM dan Parmas KPU Lamongan, MH Fatkhur Rohman dalam materinya menyampaikan tentang ketentuan dalam perekrutan PPK dan PPS.

MAHKOTA UPLOAD 2“Bagi PPK dan PPS yang telah dua periode, secara otomatis tidak memenuhi syarat untuk menjadi anggota PPK dan PPS pada Pemilu 2019,pengangkatan dan penetapan badan Adhoc Pemilu akan dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2018. Mengacu pada PKPU 3 tahun 2018 dan SK KPU RI Nomor 31 jika tidak terpenuhinya anggota PPK dan PPS karena sudah menjabat dua kali periode, KPU Kabupaten Lamongan dapat berkoordinasi dengan lembaga pendidikan atau tenaga pendidik untuk memenuhi kebutuhan PPK dan PPS, jelasnya.

Periode yang dimaksud yaitu menjabat sebagai anggota PPK dan PPS pada pemilihan atau pemilu yaitu; periode pertama tahun 2004-2008, periode kedua, 2009-2013, dan periode ketiga 2014-2018. Untuk Pemilu 2019 jumlah personil PPK, dari 5 orang menjadi 3 orang sesuai denganSK KPU RI Nomor: 31/ PP.05-Kpt/03/KPU/I/2018 .

Dalam kegiatan tersebut juga disinggung terkait pemasangan alat peraga kampanye (APK) Pilgub 2018. Pemasangan di Kecamatan akan melakukan koordinasi dengan PPK, dan pemasangan APK di desa akan berkoordinasi dengan PPS untuk penentuan lokasi pemasangan alat peraga kampanye yang kedepannya akan dicetak oleh KPU.  Sampai hari ini kita juga masih menunggu petunjuk teknis untuk pemenuhan APK. (ain/ftr)

 

Tautan permanen menuju artikel ini: https://kpu-lamongankab.go.id/kpu-lamongan-gelar-sosialisasi-pembentukan-badan-adhoc-pemilu-2019/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>