«

»

Cetak ini Pos

KPU KABUPATEN LAMONGAN PERMUDAH PELAYANAN PPID DENGAN MEDIA EMAIL

Desk Pelayanan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) KPU Kabupaten Lamongan lagi-lagi melakukan pelayanan pemenuhan informasi publik dengan melakukan pelayanan bagi pemohon informasi dengan media “Email” (Elektronik Mail) atau biasa disebut juga dengan istilah “Surel” (Surat Elektronik).
PPID adalah media Informasi pelayanan publik di lembaga KPU yang fungsinya adalah pengelolaan dokumen, media dokumentasi serta media pengembangan informasi untuk publik. Pada Undang-undang Nomor 08 Tahun 2014 menjelaskan tentang Keterbukaan Informasi Publik, Publik memiliki hak atas informasi, baik orang perorang atau lembaga yang berbadan hukum tetap, namun tentunya ada prosedur yang harus dilalui di pusat pelayan informasi KPU, yaitu Lembaga Pejabat Pengelola Informasi Daerah atau PPID. Ini adalah media yang dimiliki oleh KPU untuk memberikan informasi kepada publik agar proses informasi tersampaikan kepada pemohon informasi secara utuh dan transparan.
Desk pelayanan di KPU Kabupaten Lamongan memiliki komitmen untuk selalu menjaga profesionalitas, integritas yang tinggi dalam pelayanan publik utamanya pelayanan pada pemohon informasi. Selain pelayanan dengan menerima langsung pemohon informasi di KPU Kabupaten Lamongan, desk pelayanan informasi juga menerima pemohon informasi dengan media “Email” (Elektronik Mail). Ini ditempuh KPU Kabupaten Lamongan guna optimaliasi pemenuhan informasi pada pemohon informasi.
“Pemohon informasi ada juga yang melekukan permohonan data melalui email, ada beberapa mahasiswa di kampus Perguruan Tinggi di kota Surabaya dan Malang memohon kiriman data tentang perolehan suara pada Pileg tahun 2014 dan data perolehan suara Pilpres untuk tugas ahir skripsi katanya, tutur Ami Fitriyah petugas Desk Pelayanan PPID. Ami menambahkan; teknis permohonannya mereka mengisi form permohonan yang saya kirim ke Email mereka serta mereka mengirim kembali data-data yang harus diisi di form permohonan PPID dengan juga melampiri scan KTP mereka, kegunaan informasi tersebut untuk apa, setelah itu saya proses untuk pemenuhan informasi tersebut”.IMG-20160622-WA0004
“Di KPU Kabupaten Lamongan ada PPID yang merupakan media pelayanan informasi pada publik, pada pemohon informasi, tentunya ada prosedur yang harus dilalui. Pemohon informasi datang langsung ke kantor KPU Kabupaten Lamongan, mengisi form yang sudah disediakan oleh petugas desk pelayanan PPID. Kegunaan informasi tersebut untuk apa, prosedurnya mudah, tidak ribet, pasti setiap pemohon informasi terlayani dengan baik. Ada juga beberapa mahasiswa dan parpol yang melakukan permohonan informasi dengan media email. Tekhnologi sudah semakin berkembang, semua kebutuhan informasi bisa diakses dengan mudah, termasuk pemenuhan permohonan informasi dengan menggunakan media email, tutur Anggota KPU Kabupaten Lamongan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi, MH. Fatkhur Rohman” yang akrab disapa Mas Fatur ini.WhatsApp-Image-20160617 (1)
KPU Kabupaten Lamongan memiliki komitmen yang tinggi dalam melakukan pelayanan kepada pemohon informasi, desk pelayanan juga akan selalu dikembangkan terus menerus agar publik mendapatkan hak atas informasi yang diinginkan, namun tentunya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku./ ftr

Tautan permanen menuju artikel ini: https://kpu-lamongankab.go.id/kpu-kabupaten-lamongan-permudah-pelayanan-ppid-dengan-media-email/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>