«

»

Cetak ini Pos

Kelas Teknis 24 Agustus : Pergantian Antar Waktu DPRD Kabupaten/Kota

Lamongan-KPU Kabupaten Lamongan kembali mengikuti Kelas Teknis pada Selasa, (24/08/2021). Tema kali ini tentang Pergantian Antar Waktu DPRD Kabupaten/Kota. Kelas Teknis dimulai seperti biasa, yaitu jam 10.00 hingga jam 13.00.

Penggantian Antarwaktu (PAW) adalah mekanisme ketika ada salah seorang anggota DPRD, bupati dan wakil bupati, gubernur dan wakil gubernur berhalangan tetap dalam perjalanan kepemimpinannya. Kali ini pembahasan berfokus pada Proses PAW DPRD Kabupaten/Kota yang biasanya dikerjakan oleh KPU Kabupaten/Kota.

Materi pertama menjelaskan mengenai “Mekanisme PAW Anggota DPRD Kabupaten/ Kota” yang disampaikan oleh Heniwati, Anggota KPU Kabupaten Bondowoso, Divisi Teknis. “Untuk mekanisme pelaksanaan PAW ini kita berpijak pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2017 sebagaimana diubah dengan Peraturan Komisi Pemilihan umum Nomor 6 Tahun 2019,” terang Heniwati.

Materi kedua membahas tentang “Dinamika Proses PAW Anggota DPRD Kabupaten/Kota” oleh Agus Hariyanto, Anggota KPU Kabupaten Probolinggo, Divisi Teknis. “Ada 3 hal yang membuat DPRD mengalami PAW, yaitu meninggal dunia, mengundurkan diri dan diberhentikan,” ujar Agus. Agus juga menambahkan, “poin ketiga diberhentikan itu bisa terjadi karena diberhentikan Oleh Parpolnya sendiri dan penggunaan dokumen palsu, atau bisa jadi ada dinamika masalah lain yang belum kita inventarisir.”

Materi ditutup dengan pengarahan dari Insan Qoriawan, Komisioner KPU Provinsi Jatim, Divisi Teknis. “Ada banyak dinamika dalam proses Penggantian Antarwaktu  (PAW), namun penyelenggara tidak perlu masuk dalam dinamika itu. Cukuplah sebagai penyelenggara pemilu yang berpegangan pada regulasi yang ada,” pesan Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jawa Timur, Insan Qoriawan.

 

Tautan permanen menuju artikel ini: https://kpu-lamongankab.go.id/kelas-teknis-24-agustus-pergantian-antar-waktu-dprd-kabupaten-kota/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>