«

»

Cetak ini Pos

Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih, PPK Bahas 6 Hal Penting Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih

Dewi selaku Komisioner KPU Divisi Data dan Informasi, memandu bimbingan teknis (bimtek) penyusunan laporan pemutakhiran data pemilih Panitia Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kabupaten Lamongan di Hotel Grand Mahkota, Lamongan (28/01/2021). Acara yang dimulai 09.00 hingga 14.00 WIB tersebut membahas 6 poin penting tahapan pemutakhiran data pemilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020.

Proses pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) memiliki pola yang baru. PPK menyampaikan tahapan yang berbeda dari pemilihan sebelumnya dengan diterapkannya Undang-undang nomor 6 tahun 2020 dan Peraturan KPU Nomor 17 Tahun 2020 yang memuat peraturan pemutakhiran data sesuai dengan pandemi Covid-19. Aturan ini lebih menekankan pada ditegakkanya protokol kesehatan.

Poin pertama mengenai penerimaan DP4 hasil sinkronisasi. Sinkronisasi adalah upaya menyandingkan dua data yang dimiliki oleh Kemendagri berupa Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dengan data yang dimiliki oleh KPU yaitu data DPT (Daftar Pemilih Tetap) pemilu atau pemilihan terakhir. “Tahapan awal ini membuat kita mengetahui DPS awal yang menjadi dasar DPT,” ujar PPK Kembangbahu.

Poin kedua adalah Pemetaan TPS. PPK menunjukkan adanya pengubahan jumlah saat menetapkan jumlah TPS. “Biasanya 800 pemilih, saat ini maksimal hanya 500 pemilih,” ungkap PPK Kecamatan Lamongan.

Poin ketiga adalah Coklit. Pencocokan dan Penelitian yang selanjutnya disebut Coklit adalah kegiatan yang dilakukan oleh PPDP dalam Pemutakhiran Data Pemilih dengan bertemu Pemilih secara langsung dan berdasarkan perbaikan dari rukun tetangga/rukun warga atau nama lain dan tambahan Pemilih. “PPDP yang kami piih melakukan coklit dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” Beber PPK Maduran saat mengisi forum diskusi. Petugas PPDP menggunakan APD lengkap

Poin ke-empat membahas mengenai Uji Publik. Uji Publik merupakan proses masyarakat untuk merespon hasil Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang disampaikan oleh PPK. “Kami sudah menaruh di tempat yang strategis. Kami juga menaruh pamflet dengan ukuran besar.” Ucap PPK Sugio.

Poin Kelima tentang penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Proses DPT adalah DPSHP Akhir yang telah diperbaiki oleh PPS, direkapitulasi oleh PPK, dan ditetapkan oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota. Proses penetapan DPT juga berjalan dengan baik. Setelah DPT ditetapkan, poin terakhir atau poin keenam adalah proses penginputan ke sidalih, Sidalih adalah sistem yang dibuat oleh KPU RI pada Pemilu 2014 sebagai sebuah sistem yang digunakan untuk memproses data pemilih hasil pemutakhiran oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PDP) pada masa pencocokan dan penelitian (coklit).

Diskusi tahapan ini akan ditulis dalam laporan pemutakhiran data pemilih yang dibuat oleh PPK.

Tautan permanen menuju artikel ini: https://kpu-lamongankab.go.id/bimtek-pemutakhiran-data-pemilih-ppk-bahas-6-hal-penting-tahapan-pemutakhiran-data-pemilih/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>