«

»

Cetak ini Pos

Menyongsong 2024, KPU Jatim Adakan Kelas Teknis Dengan Tema Pengusulan Dapil dan Alokasi Kursi

Lamongan – KPU Provinsi Jawa Timur (Jatim) mengadakan kegiatan rutin setiap minggu untuk menyongsong pemilu 2024, dengan nama “Kelas Teknis”. Acara ini rencananya diadakan setiap minggu dengan narasumber dari Setiap Satuan Kerja KPU Kabupaten/Kota.  Pembukaan Kelas Teknis dilaksanakan pada minggu lalu bersamaan dengan Rakor Mekanisme PAW Anggota DPRD Kabupaten/Kota Hasil Pemilu 2019. Tema pertama “Kelas Teknis” pada Kamis, 15/07/2021, adalah Pengusulan Dapil dan Alokasi kursi.

Acara yang dilakukan secara daring melalui zoom ini, ada 4 urutan pelaksanaan. Pertama, pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa Bersama. Kedua adalah sambutan yang diberikan Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Jatim, Komisioner KPU Jatim Divisi SDM dan Litbang, dan Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis Penyelanggaraan. Ketiga, Materi dan yang keempat penutup.

Yulyani Dewi, selaku Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Jatim sekaligus sebagai panitia menyampaikan, “ Saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi  dan antusiasme dari 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang ikut pada acara ini. Semoga acara ini dapat menjadi bekal dalam menyongsong pemilu dan serentak 2020.”

Rochani, Komisioner KPU Jatim Divisi SDM dan Litbang, juga mengungkapkan turut senang dengan adanya acara ini. “ Teknis adalah pondasi awal (kepemiluan), jika sudah kuat, ketika ada perubahan sesuai detail kegiatan, maka akan lebih mudah menyesuaikan,” ungkap Rochani saat memberikan sambutan.

Insan Qoriawan, Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis Penyelanggaraan, berharap semua divisi Teknis di Kabupaten/Kota semakin siap menghadapi tahapan pemilu yang semakin dekat. “ Disini menjadi wadah kita belajar Bersama, berdiskusi atas apa yang kita ketahui dan dapat saling bertukar pikiran sehingga kita semakin menjadi ahli di bidang teknis ini,” ujar Insan.

Kelas teknis pertama ini bertema Pengusulan Dapil dan Alokasi kursi. Materi pertama ini disampaikan oleh KPU Kota Pasuruan dan KPU Kota Sidoarjo. Helmi, Komisioner KPU Kota Pasuruan Divisi Teknis Penyelenggaraan menyampaikan materi mengenai “Pengusulan dan Penataan Dapil” secara Umum berdasarkan Undang-undang yang Peraturan KPU yang terkait. Sedangkan Miftakul Rohmah, Komisioner KPU Kota Sidoarjo Divisi Teknis Penyelenggaraan menyampaikan mengenai “Memoar Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo dalam Pemilu 2019 dan Persiapan Pemilu 2024”.

Tautan permanen menuju artikel ini: http://kpu-lamongankab.go.id/menyongsong-2024-kpu-jatim-adakan-kelas-teknis-dengan-tema-pengusulan-dapil-dan-alokasi-kursi/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>