«

»

Jun 29 2016

Cetak ini Pos

KPU PROVINSI ADAKAN RAPAT EVALUASI PEMUTAKHIRAN DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN

Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dalam semester 1 ditahun 2016 ini seluruh KPU Kabupaten dan Kota telah melaksanakan input DPTb2 (daftar pemilih tambahan) pada pemilu sebelumnya juga telah dirampungkan.
KPU Kabupaten Lamongan menindaklanjuti Surat dari KPU Provinsi Jawa Timur nomor 61/KPU-Prov.014/VI/2016 perihal undangan rapat dalam Rapat evaluasi pelaksanaan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan tahun 2016 semester 1′ menghadiri kegiatan tersebut. Rapat Evaluasi tersebut diadakan di Aula Gedung KPU Provinsi Jawa Timur yang terletak di jalan Raya Tenggilis 01 Surabaya.
IMG-20160629-WA0024.jpg
Kegiatan ini dipimpin oleh Anggota KPU Provinsi Jawa Timur, Khoirul Anam selaku Divisi Teknis Penyelenggara dan Data yang didampingi oleh Sekretaris KPU dan Anggota KPU Provinsi yang lain karena ketua Kpu Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito masih mengikuti kegiatan yang lain. Dalam rapat evaluasi ini ditegaskan progres report pergerakan data pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan. Sejauhmana koordinasi secara kelembagaan antara KPU Kabupaten dan Kota dengan Disdukcapil dimasing-masing Kabupaten dan Kota, bagaimana hasil koordinasi yang dihasilkan terkait data keluar dan masuk penduduk.
IMG-20160629-WA0023.jpgKhoirul Anam menyampaikan point-point penting kegiatan Rapat Evaluasi ini diantaranya adalah:
1. Pelaksanaan pemutakhiran adalah berkelanjutan bukan berkala,
2. Karena berkelanjutan maka setiap saat harus di update, diperbaharui,
3. Harap selalu kordinasi dan menjaga hubungan baik dengan dispendukcapil untuk mengupdate data
4. Kpu bisa menjemput bola, untuk meminta data ke kelurahan-kelurahan untuk data orang yang meniggal atau mutasi/ keluar masuk
5. Bisa juga untuk kordinasi dengan TNI POLRI, untuk meminta data warga yang berubah status dari sipil menjadi TNI POLRI.
Inilah point terpenting yang menjadi catatan untuk dijalankan oleh KPU Kabupaten dan Kota agar proses pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan memang benar-benar terlaksana dengan baik.
“Rapat evaluasi ini adalah upaya yang dilakukan oleh KPU Provinsi sebagai media kontrol untuk optimalisasi progres report pergerakan daftar pemilih berkelanjutan. Ini adalah media upaya untuk mendata, dimutakhirkannya daftar pemilih, begitupula untuk pemilih pemula. KPU Kabupaten Lamongan sdh selesai melakukan input data pemilih pada aplikasi Sidalih, progres laporan pergerakan pemutakhiran daftar pemilih juga sdh kami sampaikan ke provinsi”, ujar Nursalam selaku Anggota KPU Kabupaten Lamongan Divisi Teknis Penyelenggara dan Data.WhatsApp-Image-20160621 (2)
Data pemilih adalah daftar pemilih yang harus akurat dan valid, sesuai identitas kependudukan masing-masing pemilih. Komitmen KPU Kabupaten Lamongan adalah melaksanakan proses pemutakhiran daftar pemilih ini secara optimal dan sesuai target penyelesaian./ ftr

Tautan permanen menuju artikel ini: http://kpu-lamongankab.go.id/kpu-provinsi-adakan-rakor-pemutakhiran-daftar-pemilih-berkelanjutan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>