«

»

Cetak ini Pos

KPU Lamongan Menghadiri Rapat Evaluasi Tahapan Teknis Pemilihan Serentak Tahun 2020

Banyuwangi-KPU Jawa Timur (Jatim) adakan Evaluasi Tahapan Teknis Pemilihan Serentak Tahun 2020 di KPU Kabupaten Banyuwangi selama 3 hari (Senin-Rabu, 8-10 Maret 2021). KPU Lamongan turut berpartisipasi sebagai salah satu peserta dari 19 Kota/Kabupaten di Jawa Timur yang melakukan Pemilihan. Sebagai Kabupaten yang melakukan seluruh tahapan pemilihan membuat KPU Lamongan dapat merasakan pengalaman dan dinamika yang berbeda pada setiap tahapan.

Tahapan Teknis Pemilihan Serentak ini meliputi Tahapan Pencalonan, Pemungutan dan Penghitungan Suara, Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara, Penetapan Pasangan Calon Terpilih serta Penggunaan Aplikasi Sirekap.Acara tersebut diwakili oleh Komisioner divisi Teknis Penyelenggaraan, Ahmad Shohib dan Sub Koordinator Teknis dan Humpas, Awinoto.

Pada tahapan Pencalonan, KPU Lamongan menerima 2 bentuk pencalonan, yaitu calon Perseorangan dan Partai Politik. “Alhamdulillah KPU Lamongan diberikan kesempatan untuk menerima pencalonan tidak hanya dari partai politik, namun juga perseorangan.” Ujar Ahmad Shohib. Diketahui bersama, proses pencalonan perseorangan memerlukan dukungan minimal 10% dari total jumlah penduduk Lamongan dan tersebar di 50% lebih jumlah kecamatan . KPU Lamongan juga perlu melakukan KPU akan melakukan serangkaian verifikasi untuk memastikan kelengkapan syarat.

Pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara, KPU Lamongan dapat menjalankan dengan baik. Selanjutnya untuk tahapan rekapitulasi penghitungan suara, KPU Lamongan bersyukur saat mengetahui bahwa tingkat parmas (partisipasi masyarakat) Lamongan termasuk masih tertinggi di Provinsi Jawa Timur.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas) Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim), Gogot Cahyo Baskoro, dalam sambutannya membuka rapat evaluasi di hari pertama memberikan apresiasi kepada penyelenggara di tingkat Kabupaten/ Kota. Gogot menyatakan bahwa pemilihan dikala pandemi ini adalah hal yang tidak mudah. Banyak tantangan mulai dari pengubahan regulasi, jadwal dan tahapan, hingga kekhawatiran masyarakat untuk datang ke TPS. Namun ternyata semua hambatan itu dapat dilalui dan pemilihan tahun 2020 terlaksana dengan baik.“Belum ada satu penyelenggara di Indonesia yang memiliki pengalaman melaksanakan pemilihan di tengah masa pandemi Covid-19. Jadi Bapak/ Ibu ini mencatat sejarah bagi demokrasi di Indonesia,”Ujar Gogot.

Tautan permanen menuju artikel ini: http://kpu-lamongankab.go.id/kpu-lamongan-menghadiri-rapat-evaluasi-tahapan-teknis-pemilihan-serentak-tahun-2020/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>