«

»

Feb 09 2018

Cetak ini Pos

KPU LAMONGAN LAKSANAKAN UJI PUBLIK USULAN PENATAAN DAPIL DAN ALOKASI KURSI DPRD DALAM PEMILU 2019

8 FEBKPU Lamongan laksanakan uji publik usulan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD di Daerah Pemilihan Kabupaten Lamongan. Kegiatan uji publik terkait penataan daerah pemilihan ini merupakan bagian untuk menyampaikan informasi aktual terkait regulasi pelaksanaan tahapan dan mekanisme penetapan dapil serta alokasi penyusunan kursi anggota DPRD pada Pemilu 2019 yang akan datang.
Pelaksanaan uji publik penataan dapil ini dilaksanakan, Jum’at 9 Februari 2018 di Hall Grand Mahkota Hotel, Lamongan. Dihadiri oleh Komisioner KPU Lamongan, Ketua dan Anggota Panwas, Sejumlah pejabat OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Lamongan, Pimpinan/anggota Parpol, Pers dan Tokoh Masyarakat.
Ketua KPU Kabupaten Lamongan, Imam Ghozali memaparkan bahwa uji publik dilaksanakan, bukan untuk kepentingan kita masing-masing namun kepentingan seluruh masyarakat Kabupaten Lamongan.
Dalam kesempatan tersebut, Ia berharap kepada seluruh peserta agar dapat berpartisipasi secara aktif, dalam diskusi uji publik dan penataan dapil pemilu 2019 yang akan datang. Dimana hasil dari diskusi terkait penataan dapil didaerah ini akan disampaikan ke KPU RI melalui KPU Jatim untuk kemudian ditetapkan daerah pemilihan di Kabupaten Lamongan.
“Kita harapkan tercipta suatu pemahaman yang utuh terkait proses penyusunan penataan dapil dan mekanisme penghitungan alokasi kursi per dapil,” pungkas Ketua KPU Lamongan ini.
Sejumlah opsi terkait penataan dapil sebelumnya telah dimunculkan demi pemenuhan keterwakilan masyarakat Lamongan diwilayah masing-masing, yakni dengan usulan 5 Dapil, 6 Dapil dan 7 Dapil.
Dalam penjajakan pendapat tersebut, Partai Golkar dan PSI mengusulkan 6 Dapil, Sementara itu Partai Demokrat, GERINDRA, PDI Perjuangan, PAN, HANURA, PBB, BERKARYA, GARUDA megusulkan 7 Dapil. Untuk PKS, NASDEM, PPP, PKB, serta PERINDRO mengusulkan tetap 5 Dapil seperti Pemilu sebelumnya dengan usulan ada perubahan di beberapa Kecamatan per dapilnya. Forum kajian uji publik ini berjalan dengan interaktif dan banyaknya sumbangsih pemikiran dari masing-masing peserta. Usai kegiatan diteruskan dengan acara ramah tamah. (ain/ftr)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://kpu-lamongankab.go.id/kpu-lamongan-laksanakan-uji-publik-usulan-penataan-dapil-dan-alokasi-kursi-dprd-dalam-pemilu-2019/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>