«

»

Jun 08 2018

Cetak ini Pos

KPU LAMONGAN GELAR SOSIALISASI DAN PENGGUNAAN APLIKASI SILON

DSC_0631Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan menggelar sosialiasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) di grand Mahkota hotel, kemarin Rabu, 7 Juni 2018. Sosialisai ini diikuti oleh seluruh partai politik peserta Pemilu 2019. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dibuka oleh Ketua Provinsi Jatim, Eko Sasmito.

Divisi teknis KPU Kab Lamongan, Nursalam menyampaikan silon ini wajib diisi bakal calon legislator, baik di tingkat DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, jika mau menjadi peserta Pemilu 2019.

“Calon legislator DPR ditandatangani ketua dan sekretaris DPP partai, provinsi ditandatangani pimpinan wilayah, atau sesuai tingkatan,” ujarnya.

Lebih lanjut beliau memaparkan, Dengan adanya Silon ini, penyelenggara bisa mencegah adanya data ganda peserta pemilu. Karena, orang yang telah mendaftar dari partai tertentu, tidak bisa lagi mendaftar ke partai lain.

DSC_0655‚ÄúPenerapan Silon ini juga diharapkan bisa membangun kepercayaan publik terhadap pemilu. Alasannya, masyarakat bisa melihat langsung biodata dan rekam jejam peserta pemilu tahun depan, dari profil keluarga, pendidikan sampai organisasi akan ada di Silon,” ujarnya.

KPU berharap, setelah mengikuti sosialisasi Silon ini, partai politik bisa meneruskan sosialisasinya kepada bakal calon legislator

KPU berharap partai politik bisa mensosialisasikan kembali Silon kepada bakal calon legislator yang akan maju Pemilu 2019 di setiap wilayah. “Jangan sampai pas pendaftaran dimulai pada 4 Juli, peserta pemilu tidak mengisi Silon,” terangnya.

Setelah berbuka bersama acara kembali dilanjutkan dengan tata cara pengisian aplikasi Silon oleh Irwan Setyadi. Penyampaian paparan dilakukan dengan jelas dan lugas, operator partai politik terlihat begitu antusias dengan langsung praktek bersama. (ain)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://kpu-lamongankab.go.id/kpu-lamongan-gelar-sosialisasi-aplikasi-silon/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>