«

»

Cetak ini Pos

KPU LAMONGAN GELAR RAPAT PLENO TERBUKA HASIL VERIFIKASI FAKTUAL

ok 7 feb

KPU Lamongan gelar rapat pleno terbuka pemberitahuan hasil Verifikasi Faktual kepengurusan dan keanggotaan Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Rabu 7 Februari 2018 .

Acara tersebut digelar di Hall Grand Mahkota hotel dan dibuka langsung oleh Ketua KPU Lamongan, Imam Ghozali didampingi oleh empat komisioner (Siswanto, Fathur Rohman, Dewi dan Nursalam), Sekretaris KPU Lamongan, Yosep Dwi Prihatono.

Dan turut hadir, Toni wijaya selaku Ketua Panwaslu Kab. Lamongan, serta perwakilan pengurus Parpol di Kabupaten Lamongan.

Imam Ghozali menyampaikan rapat pleno terbuka penyampaian hasil verifikasi mengacu pada Peraturan KPU No. 11 Tahun 2017 tentang verifikasi Parpol ditingkat Kabupaten.

“Ada 16 Partai Politik, sebanyak 12 Partai politik berdasarkan putusan MK, dan 4 Partai Politik Baru, ” imbuhnya.

Divisi hukum KPU Kab Lamongan, Siswanto menyampaikan dari verifikasi yang telah dilakukan terhadap sejumlah Parpol sejak 30 Januari hingga 1 Februari 2018, Dari 16 Partai Politik, 2 Parpol diantaranya dinyatakan tidak lulus verifikasi (tidak memenuhi syarat).

“Parpol yang dimaksud adalah Partai Bulan bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Karena Parpol ini memang tidak memenuhi syarat minimal administrasi di Kabupaten Lamongan,” terang Siswanto

ok 7 feb 2Lebih lanjut ia menjelaskan, verifikasi yang dilakukan selama tiga hari kemarin bertujuan untuk mengetahui keabsahan persyaratan Parpol yang sudah disampaikan kepada KPU melalui Sistem Informasi Partai Politik yang sudah diserahkan kepada KPU Lamongan, PBB tidak lolos verifikasi karena syarat minimal sebaran kecamatan belum terpenuhi, sedangkan PKPI tidak lolos verifikasi karena syarat minimal keanggotaan dan sebaran Kecamatan belum terpenuhi.

 

Adapun partai yang telah diverifikasi dan dinyatakan lulus diantaranya, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Demokrat, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Selanjutnya Partai Garuda, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Solidaritas Indonesia, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Berkarya, “tambahya.

Pada Rapat Pleno tersebut, turut diserahkan berita acara hasil verifikasi faktual yang telah dilakukan KPU kepada Panitia Pengawasan Pemilu dan seluruh Parpol yang dinyatakan lulus verifikasi.

Ketua Panwaslu Kab. Lamongan, Toni Wijaya menghimbau agar semua Partai Politik terus mentaati peraturan yang ada dan tidak melakukan pelanggaran dalam penyelenggaraan pemilu.

 

‚ÄúSegala bentuk pelanggaran akan ditindak” tegasnya. (ain)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://kpu-lamongankab.go.id/kpu-lamongan-gelar-rapat-pleno-terbuka-hasil-verifikasi-faktual/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>