«

»

Jun 08 2016

Cetak ini Pos

KPU KABUPATEN LAMONGAN MELAKUKAN AUDIENSI KE DISDUKCAPIL

Dalam rangka optimalisasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, KPU Kabupaten Lamongan melakukan Audiensi Ke Pemerintah Kabupaten Lamongan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil. Dalam Audiensi ini dibahas point-poin terpenting, adanya mutasi atau perubahan terhadap jumlah penduduk yang memenuhi syarat sebagai pemilih dalam pemilu yang disebabkan oleh diantaranya:

  1. Penduduk yang keluar/masuk sejak bulan Januari 2016
  2. Penduduk yang meninggal dunia sejak Januari 2016
  3. Penduduk yang telah berusia 17 Tahun sejak Januari 2016.

Dari hasil Audiensi yang digelar, pihak Disdukcapil Kabupaten Lamongan tidak keberatan membantu KPU Kabupaten Lamongan dalam upaya melaksanakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Namun karena tidak adanya perintah dari Depdagri (Dirjen Kependudukan) baik lisan atau tertulis, mengenai adanya berbagi (sharing) data dengan Instansi lain, maka permintaan data oleh KPU Kabupaten Lamongan tidak bisa dipenuhi.

WhatsApp-Image-20160608

Menurut Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan, Rusgianto,SH.,M.Si., menyampaikan:” Kami akan tetap membantu KPU Kabupaten Lamongan dalam hal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Namun, untuk data-data kependudukan, data penduduk masuk/ keluar, Data penduduk meninggal, data mutasi penduduk, Kami belum bisa berikan karena belum ada MOU antara KPU Pusat dengan Depdagri. Jadi, kami belum bisa penuhi pemberiaan data tersebut. Namun, kami akan membantu KPU dalam hal pemutahiran data pemilihnya”. Ujarnya saat ditemui dalam rapat Audiensi.

WhatsApp-Image-20160608 (1)

Menurut Anggota KPU Kabupaten Lamongan Divisi Teknis dan Data, Bapak Nursalam menyampaikan:” Kami lakukan Audiensi Hari ini Ke Disdukcapil Lamongan. Dalam Audiensi ini tadi menghasilkan beberapa pointer penting diantaranya; Disdukcapil akan tetap membantu KPU dalam upaya pemutakhiran data berkelanjutan, pemutahiran data pemilih dan data kependudukan, selama ada perintah atau MOU antara KPU Pusat dengan Depdagri”. Ujarnya saat selesasi rapat audiensi./ftr.

Tautan permanen menuju artikel ini: http://kpu-lamongankab.go.id/kpu-kabupaten-lamongan-melakukan-audiensi-ke-disdukcapil/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>