«

»

Mar 24 2018

Cetak ini Pos

KPU KABUPATEN LAMONGAN LAKUKAN DISTRIBUSI DAFTAR PEMILIH SEMENTARA (DPS) DAN AKAN DISEBAR DI 474 DESA/KELURAHAN

distribusi dps 1KPU Kabupaten Lamongan telah melakukan distribusi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018, DPS tersebut akan diumumkan di seluruh Desa (474 Desa/Kelurahan) di Kabupaten Lamongan.

Pengumuman DPS tersebut akan ditempel di papan pengumuman Kantor / Balai Desa dan di Balai RT/RW atau tempat strategis lain, tempat berkumpulnya masyarakat Desa. KPU juga memberikan satu rangkap DPS setiap Desa untuk dijadikan arsip PPS (Panitia Pemungutan Suara).

Pengumuman DPS dilakukan selama 10 hari yaitu sampai tanggal 2 April 2018, dengan tujuann untuk memberikan kesempatan kepada Calon Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 disetiap TPS, RT/RW memastikan telah terdaftar.

Dalam kurun tanggal 24 Maret 2018 s/d 2 April 2018 pengumuman DPS tersebut, KPU meminta masyarakat Calon Pemilih bertindak aktif memeriksa DPS. Jika nama atau anggota keluarganya belum terdaftar, yang bersangkutan diharuskan melapor kepada Anggota PPS di Desa tersebut.

Bahkan termasuk jika mengetahui ada tetangganya yang sudah tidak memenuhi syarat sebagai Pemilih masih terdaftar (misalnya meninggal dunia, berusia dibawah 17 tahun, belum menikah, Anggota TNI/Polri) dapat disampaikan kepada panitia pemungutan suara/ PPS (Organ KPU yang bertugas di setiap Desa.)

Maka lengkaplah berlaku stelsel pasif dan stelsel aktif didalam Pendaftaran pemilih. Masyarakat mengecek namanya di DPS kemudian melapor dan mendatangi petugas PPS jika belum terdaftar atau terdaftar tetapi ada kesalahan data dirinya.

Berdasarkan tanggapan masyarakat selama 10 hari tersebut kemudian PPS, PPK, KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi dan KPU memperbaiki DPS berdasarkan masukan masyarakat yaitu tanggal 3 April 2018 s/d 7 AprilĀ  2018 dan direkap sampai tingkat Kabupaten/Kota tanggal 11 s/d 12 April 2018.

Perlu diketahui bahwa proses awal Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih, KPU Kabupaten/Kota, PPK, PPS dan PPDP telah bertindak secara aktif mendatangi masyarakat Pemilih dengan door to door masuk dari rumah ke rumah Calon Pemilih (20 Januari 2018 s/d 18 Februari 2018) demi memperoleh Data Pemilih yang berkualitas yakni akurat, komprehensif dan update.

Tautan permanen menuju artikel ini: http://kpu-lamongankab.go.id/kpu-kabupaten-lamongan-lakukan-distribusi-daftar-pemilih-sementara-dps-dan-akan-disebar-di-474-desakelurahan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>