«

»

Sep 01 2016

Cetak ini Pos

KOMISI TRANSPARANSI LAMONGAN KUNJUNGI KPU KABUPATEN LAMONGAN BAHAS KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

Aktifitas perkantoran di KPU Kabupaten Lamongan berjalan seperti biasanya, proses administrasipun berjalan lancar. SIPP (Sistem Informasi Penyelenggara Pemilu) pun juga terus dilakukan input data. Setelah pagi melakukan kegiatan rutinan Diskusi dan Sinau Bareng yang diadakan di aula media center KPU Kabupaten Lamongan. Siang ini ada yang istimewa di nuansa aktivitas perkantoran dilingkungan kantor Kabupaten Lamongan dengan hadirnya kunjungan dari KTL (Komisi Transparansi Lamongan).

WhatsApp Image 2016-09-01 at 15.33.54

KTL Kabupaten Lamongan lakukan kunjungan resmi ke kantor KPU Kabupaten Lamongan yang dipimpin langsung oleh Ketua KTL Mohammad Yasir yang didampingi oleh Sekretaris KTL Ma’mun Murod dan Kadiv Mediasi dan Ajudikasi Wanut Susisno. Notulensi dari KTL Selvi Mega yang merupakan Staf KTL Lamongan. Ramah tamahpun menambah nuansa kekeluargaan dalam pertemuan kedua lembaga publik ini yang diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Lamongan Imam Ghozali yang didampingi oleh Anggota KPU, Sekretaris dan Kasubag.

WhatsApp Image 2016-09-01 at 15.33.22Dalam forum kunjungan ini begitu banyak informasi yang disampaikan tentang pengelolaan informasi publik, prosedur dan standart pelayanan informasi publik. Kegiatan ini sangat menarik karena lembaga publik harus melakukan pelayanan terhadap pemohon informasi dan tentunya sesuai dengan payung hukum Undang-undang yang berlaku. Pemaparan yang disampaikan oleh Ketua KTL tentang keterbukaan informasi yang mengacu UU Nomor 14 Tahun 2008 dan informasi tentang pembentukan KTL yang didasarkan oleh Perda Nomor 07 Tahun 2005. KTL Lamongan adalah lembaga yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan yang memiliki tugas dan wewenangnya untuk mendorong keterbukaan informasi publik.

WhatsApp Image 2016-09-01 at 15.33.52
KPU Lamongan pada pengelolaan informasi sudah sangat baik, update kegiatan di informasikan kepada publik melalui website ini juga merupakan asas keterbukaan informasi. Pada prinsipnya masyarakat bisa mengkases informasi ke KPU dengan sangat mudah, sederhana,mudah difahami, mudah dilaksanakan. Semua bisa diakses melalui website, mudah, murah dan efisien. KPU Lamongan harapan kami terus lakukan update informasi, hasil pemilu, tahapan dan program yang semua masyarakat bisa mengaksesnya tanpa langsung datang ke kantor KPU Lamongan karena sudah diunggah di website. ini juga kan mempermudah akses informasi”, tutur Wanut Susisno selaku Kadiv Media dan Ajudikasi KTL Lamongan.

WhatsApp Image 2016-09-01 at 15.33.23

Muhammad Yasir Ketua KTL Lamongan menambahkan, “Transparansi dan keterbukaan informasi pada masyarakat harapannya adalah untuk mendorong partisipasi masyarakat agar pendidikan politik dikabupaten Lamongan bisa optimal termasuk partisipasi masyarakat pada momentum pemilu. Pemgelolaan informasi di KPU Lamongan melalui PPID nya sudah bagus, harus dipertahankan dan dikembangkan agar lebih baik lagi”, tuturnya setelah forum kunjungan ini selesai.

WhatsApp Image 2016-09-01 at 15.33.54 (1)Hal senada juga disampaikan oleh Ma’mun Murod selaku Sekretaris KTL Lamongan. Ia menuturkan, “Hubungan kelembagaan ini harus sering dilakukan koordinasi karena sama-sama lembaga publiknya agar transparansi informasi pada publik berjalan dengan baik. Tentunya dengan tetap saling menghargai payung hukum yang menaunginya agar tidak terjadi mispersepsi informasi. Kita sama-sama mendorong akses keterbukaan informasi. Di KPU Lamongan pengelolaan informasinya sudah baik, pengelolaan websitenya juga sangat baik, ini harus selalu dijaga dan tentunya bisa menjadi contoh bagi lembaga publik lainnya agar masyarakat bisa optimal dalam melakukan kontrol pada keterbukaan informasi. Ya kita sama-sama bekerja keras sebagai lembaga publik agar penataan kelembagaan dan SDM bisa berjalan dengan baik”, diiringi senyuman khasnya.

Ketua KPU Kabupaten Lamongan menjelaskan pada pemaparannya, “Kunjungan dari KTL ini adalah hal yang sangat positif bagi lembaga publik untuk bersama-sama mendorong akses keterbukaan informasi. Alhamdulilah di KPU Lamongan pengelolaan informasi dan dokumentasi melalui pejabat PPID berjalan dengan baik. Update Berita kegiatan setiap harinya juga berjalan dengan pengelolaan yang optimal. Untuk E-PPID yang bisa diakses secara online juga terus kami lakukan perbaikan. Ini adalah wujud komitmen kami dalam pengelolaan informasi bisa berjalan secara maksimal. Masyarakat juga bisa mengakses dengan mudah dan efisien”, tutur Imam Ghozali setelah kegiatan kunjungan ini selesai.

Kunjungan dari KTL Lamongan ini adalah merupakan upaya untuk optimalisasi keterbukaan informasi dan silaturahmi secara kelembagaan. Kegiatan inipun diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama menunjukkan nuansa keakraban dan kekeluargaan./ftr

Tautan permanen menuju artikel ini: http://kpu-lamongankab.go.id/komisi-transparansi-lamongan-kunjungi-kpu-kabupaten-lamongan-bahas-keterbukaan-informasi-publik/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>