«

»

Jun 29 2016

Cetak ini Pos

KEHADIRAN SIMONIKA DI KPU KABUPATEN LAMONGAN

Tertib administrasi, tertib laporan adalah hal yang menjadi komitmen bersama dilingkungan KPU Kabupaten Lamongan agar sesuai schedule dan target penyelesaian. Pelaporan tentang penyerapan anggaran di TA 2016 mengalami perubahan yang fundamental, ketelitian untuk mengisi masing-masing form baik secara manual ataupun terintegrasi secara online adalah perihal yang sangat penting. Masing-masing Kelembagaan KPU sesuai tingkatan wajib hukumnya mengoptimalkan pelaporan penyerapan realisasi anggran di TA 2016 ini. Laporan Realisasi Anggaran (LRA) yang memiliki aplikasi tersendiri yaitu SAIBA, Sistem Akuntansi Instansi Basis Akrual. Setelah tercatat di aplikasi SAIBA, hasilnya akan terintegrasi pada sistem aplikasi E-Rekon dan LK, yang mana pencatatan realisasi anggaran tercatat setelah bulan realisasi anggaran atau pencatatan sebelum kejadian anggaran bulan berikutnya.
SIMONIKA sudah diperkenalkan oleh KPU RI sejak bulan Januari tahun 2016 yang lalu, dan sesuai dengan Surat dari Sekretaris Jenderal KPU RI nomor: 688/SJ/VI/2016 perihal penyampaian informasi hasil pengisian Data Realisasi Penggunaan Anggaran TA 2016 untuk KPU Provinsi dan KPU Kabupaten dan Kota. Begitupula mengacu atas terbitnya SE nomor: 213/SJ/III/2016 perihal Penyampaian Mekanisme Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Anggaran (LPPA) serta pelaporan dana hibah operasional dan hibah pemilihan. Dalam Pelaporan LPPA, maka juga harus melakukan Pengisian Data Realisasi Penggunaan Anggaran di TA 2016 melalui Sistem Aplikasi yang disebut “SIMONIKA”. Simonika adalah Sistem Monitoring Keuangan.
Sesuai surat dari KPU Provinsi Jawa Timur nomor: 279/Ses.Prov.014/VI/2016 perihal Penyampaian Informasi Hasil Pengisian Data Realisasi Penggunaan Anggaran TA 2016 harus mengoptimalkan Simonika.
IMG-20160629-WA0004.jpgMenurut Emy Setyawati, Pegawai KPU Kabupaten Lamongan menyampaikan bahwa “Simonika ini sudah kami kerjakan setiap bulannya untuk Input Data Pengisiannya, baik secara manual atau terintegrasi secara online. LRA sudah ada aplikasi tersendiri yaitu SAIBA.Untuk LPAK(Laporan Realisasi Anggaran) dan LPPA, kedua-duanya masih digunakan sistem pengisian datanya yang kemudian juga terintegrasi secara Online”.
Kasubag Umum, Miftahul Huda juga menjelaskan bahwa”SIMONIKA adalah berfungsi untuk mengetahui realisasi penyerapan anggaran. Pengisian Datanya juga secara manual dan secara online, ada form-form yang harus diisi. Ini adalah wujud komitmen kita bersama agar pengisian data laporan, penyampaian laporan realisasi anggaran sesuai dengan SOP, peraturan, undang-undang, dan tentunya sesuai dengan jadwal serta target yang optimal, agar pelaporannya sesuai dan benar”, IMG-20160629-WA0003.jpgmenurut Pak huda(sapaan akrab sehari-hari) disela-sela kesibukannya.
KPU Kabupaten Lamongan secara kelembagaan optimis bahwa sistem aplikasi Simonika ini berjalan sesuai prosedur, bisa optimal dan dikerjakan oleh pegawai yang berpengalaman dan profesional. Simonika ini juga merupakan aplikasi penyampaian informasi hasil pengisian data realisasi penggunaaan anggaran atau penyerapan anggaran di TA 2016 untuk KPU RI, KPU Provinsi, KPU Kabupaten dan KPU Kota se-Indonesia agar Kelembagaan KPU secara menyeluruh dapat mempertahankan sistem keuangan yang akuntabel dan profesional./ftr

Tautan permanen menuju artikel ini: http://kpu-lamongankab.go.id/kehadiran-simonika-di-kpu-kabupaten-lamongan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>